Review Huawei MatePad Pro 13.2: Kesan Pertama dari HarmonyOS

Kamu pasti penasaran dengan tablet anyar dari Huawei, yaitu Huawei MatePad Pro 13.2. Sebagai salah satu tablet flagship Huawei, harganya memang cukup mahal, mulai dari Rp14,9 juta hingga Rp17,9 juta. Tentu saja dengan harga segitu, ekspektasi pengguna juga tinggi. Apa sih kelebihan tablet ini, dan apakah kita masih kesulitan dengan absennya layanan dan aplikasi Google di tablet ini? Yuk simak ulasan lengkapnya di sini. Semoga review ini bisa jadi pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli tablet buatan Huawei ini.

Penampilan Elegan Dan Premium Huawei MatePad Pro 13.2

Dengan harga yang fantastis, ternyata Huawei cukup konsisten memanjakan konsumen dengan desain mewah dan premium pada tablet flagship-nya. Begitu pula dengan Huawei MatePad Pro 13.2 ini yang terlihat sangat elegan berkat body aluminum, layar besar dan tipis tanpa bezel, serta bobot ringan.

Sebagai tablet dengan layar 13 inci, bobot Huawei MatePad Pro 13.2 yang hanya 460 gram terasa ringan di tangan. Body aluminum satu piece pada bagian belakang juga terasa solid dan berkelas. Sayangnya, body logam ini rentan menampung sidik jari dan debu. Untungnya, Huawei menyertakan casing kulit sintetis transparan dalam paket penjualan tablet ini.

Layar besar 13 inci dengan panel OLED dan resolusi 2K memberikan tampilan yang tajam dan hidup. Ditambah lagi HDR10 yang mendukung 1 miliar warna, konten video dan gambar terlihat lebih natural. Huawei juga meminimalkan bezel sehingga rasio layar terhadap body mencapai 90%, yang artinya hampir seluruh bagian depan didominasi layar.

Kesan mewah dan elegan semakin kuat dengan adanya empat speaker stereo yang didesain oleh Harman Kardon. Suara yang dihasilkan cukup keras dan jernih untuk menikmati musik maupun menonton video. Fitur lain yang turut mendukung kesan premium adalah sensor sidik jari di sisi kanan yang responsif untuk membuka kunci layar.

Performa Mulus Berkat Chipset Snapdragon 870

Tablet ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G yang merupakan peningkatan dari Snapdragon 865 Plus pada smartphone premium tahun lalu. Dengan chipset ini, performa Huawei MatePad Pro 13.2 sangat mulus untuk kegiatan multitasking sehari-hari.

Kami mencoba menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, seperti browser, aplikasi kamera, galeri, dan lainnya. Hasilnya, semua aplikasi dapat berjalan dengan lancar tanpa lag atau lambat responsif. Chipset ini juga didukung RAM 8GB yang membuat penggunaan aplikasi lebih efisien.

  • Untuk urusan grafis, chipset ini dilengkapi GPU Adreno 650 yang mampu menjalankan game berat dengan grafis tinggi seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Call of Duty Mobile dengan stabil di pengaturan grafis tinggi.
  • Penyimpanan internal 256GB UFS 3.1 dengan kecepatan membaca hingga 1.200MB/detik dan kecepatan menulis hingga 700MB/detik. Dengan kapasitas sebesar itu, kamu bisa menyimpan banyak file dan data di tablet ini.
  • Sistem operasi yang digunakan adalah HarmonyOS 2.0 milik Huawei yang sudah mendukung banyak aplikasi dan fitur canggih. Meski tanpa layanan Google, HarmonyOS tetap memberikan pengalaman optimal saat berselancar dan bermain game.

Dengan dukungan chipset dan spesifikasi yang dimiliki Huawei MatePad Pro 13.2, performa tablet ini sangat mulus dan responsif untuk kebutuhan sehari-hari, bahkan untuk bermain game berat sekalipun. Penggunaan HarmonyOS juga mempermudah dalam mengakses berbagai fitur yang ditawarkan.

Layar Lebar 2K Dengan Refresh Rate 120Hz

Layar 2K berukuran 13,2 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel dan rasio aspek 15:10 ini menawarkan tampilan yang jernih dan detail. Ditambah dengan refresh rate 120Hz, tampilan di layar akan terlihat lebih mulus ketika melakukan scrolling atau menonton video.

Untuk mendukung kinerja layar tersebut, Huawei MatePad Pro 13.2 dilengkapi dengan chipset Kirin 990 5G yang mumpuni. Prosesor octa-core ini mampu memberikan performa yang mumpuni untuk menjalankan aplikasi berat seperti video editing.

Selain itu, layar 2K dengan refresh rate tinggi ini juga mendukung stylus pen Huawei M-Pencil generasi kedua. Dengan stylus pen ini, kamu bisa melakukan note taking, sketching, atau bahkan melakukan edit foto dengan lebih presisi.

Sayangnya, layar 2K dengan refresh rate 120Hz ini hanya tersedia di varian 8GB/256GB saja. Untuk varian yang lebih murah, kamu harus puas dengan layar 2K 60Hz. Meski begitu, kualitas gambar yang ditampilkan pada kedua varian tersebut tetap terlihat jernih dan tajam.

Jadi, jika kamu menginginkan pengalaman menonton video atau bermain game yang lebih mulus di tablet, varian 8GB/256GB dengan layar 120Hz ini layak untuk dipertimbangkan. Performa yang ditawarkan juga sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan spesifikasi tinggi. Hanya saja, harganya yang cukup tinggi mungkin menjadi pertimbangan tersendiri bagi sebagian orang.

HarmonyOS Memberikan Pengalaman Baru

HarmonyOS adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Huawei sendiri untuk perangkatnya. Pada Huawei MatePad Pro 13.2, HarmonyOS 2.0 digunakan sebagai sistem operasinya. Penggunaan HarmonyOS ini memberikan pengalaman baru bagi pengguna karena tampilannya yang berbeda dari Android atau iPadOS.

Dengan HarmonyOS, antarmuka Huawei MatePad Pro 13.2 terlihat sangat minimalis dan simpel. Hanya ada widget jam dan cuaca, serta beberapa aplikasi penting seperti browser, aplikasi kamera, galeri, dan lainnya. Tidak ada aplikasi sampah atau yang tidak perlu. Kami menyukai tampilan ini karena terlihat bersih dan rapi.

Fitur lain yang kami sukai adalah Huawei Share. Dengan fitur ini, kami dapat dengan mudah mentransfer file, foto, video, dan pakong188 lainnya dari perangkat Huawei lainnya seperti smartphone ke Huawei MatePad Pro 13.2. Proses transfer datanya sangat cepat, kurang dari 10 detik file berukuran 1 GB sudah tersalin ke tablet.

Sayangnya, ketiadaan layanan dan aplikasi Google pada HarmonyOS masih menjadi kendala. Meski Huawei AppGallery terus berkembang dengan bertambahnya aplikasi dan game populer, namun belum semua aplikasi yang kami butuhkan tersedia di sana. Untuk pengguna yang terbiasa dengan layanan Google, mungkin akan sedikit kesulitan beradaptasi.

Secara keseluruhan, pengalaman menggunakan HarmonyOS pada Huawei MatePad Pro 13.2 cukup menyenangkan. Antarmuka yang minimalis dan fitur seperti Huawei Share kami sukai. Hanya saja, ketiadaan layanan dan aplikasi Google masih jadi kendala yang harus dihadapi. Mudah-mudahan ke depannya, semakin banyak aplikasi populer yang hadir di AppGallery.

Kesan Awal Menggunakan Huawei MatePad Pro 13.2 Dengan HarmonyOS

Saat pertama kali menggunakan tablet ini, yang paling mengejutkan adalah tampilan layarnya yang besar. Layar berukuran 13.2 inci dengan resolusi 2K Plus dan rasio layar 16:10 ini menyajikan tampilan yang lebar dan jernih. Tampilan seperti ini sangat cocok untuk menonton video, bermain game, atau sekadar browsing.

Namun, yang paling mengecewakan adalah ketiadaan layanan dan aplikasi Google. Sebagai pengguna Android sejak lama, kami sudah terbiasa menggunakan Google Play Store untuk mendownload aplikasi. Di Huawei MatePad Pro 13.2, kita harus mengandalkan AppGallery milik Huawei yang masih terbatas aplikasinya.

Meski begitu, tablet ini dilengkapi HarmonyOS 2 yang responsif dan mulus. Sistem operasi ini juga mendukung multi-window hingga empat aplikasi sekaligus. Fitur lainnya seperti Huawei Share juga memudahkan kita berbagi file dengan perangkat Huawei lainnya.

Dari sisi kinerja, Huawei MatePad Pro 13.2 didukung prosesor Kirin 985 5G yang mumpuni. Tablet ini juga dilengkapi RAM 8 GB dan penyimpanan internal 256 GB, sehingga cukup cepat dan responsif saat digunakan. Baterai berkapasitas 10.050 mAh juga tahan lama, bisa digunakan seharian tanpa khawatir kehabisan daya.

Sejauh ini, kesan pertama kami menggunakan Huawei MatePad Pro 13.2 cukup positif. Layar yang luas, kinerja mumpuni, serta HarmonyOS yang intuitif menjadi nilai plus. Namun, ketiadaan layanan Google masih menjadi catatan yang cukup mengecewakan. Apakah Anda tertarik mencoba tablet premium ini?

Conclusion

Jadi begitulah ulasan lengkap Huawei MatePad Pro 13.2 dari kami. Tablet ini memiliki layar yang bagus dan performa yang mumpuni berkat chipset Snapdragon 870. Namun kamu mungkin akan kesulitan menggunakan tablet ini tanpa layanan dan aplikasi Google. Jika kamu bisa bertahan tanpa Google, tablet ini patut dipertimbangkan. Tapi jika Google adalah kebutuhan mutlak, mungkin lebih baik cari tablet Android lain. Semoga ulasan ini bisa jadi bahan pertimbangan sebelum beli tablet Huawei ini ya.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *